Monday 16 January 2012

Teknologi Transfer Data Komputer

1.    Pengertian

    Teknologi transfer adalah teknologi yang digunakan untuk mentransfer data pada komputer agar data tersebut sampai ke tujuannya. Ada beberapa teknologi yang digunakan untuk mentransfer data pada komputer, teknologi ini dikemukakan oleh suatu perusahaan terkenal dalam dunia komputer yaitu INTEL ( Integrated Electronic ). INTEL sangat berpengaruh dalam teknologi komputer, tak terkecuali teknologi pentransferan data pada komputer. Bahkan INTEL bisa dikatakan induk dari kemajuan teknologi yang ada jaman sekarang dan akan selalu membuat inovasi kedepan agar teknologinya semakin digemari masyarakat untuk mempermudah pekerjaan kita.

       Pada pembahasan teknologi transfer data ini dapat dicontohkan seandainya kita ambil 1 saluran ( jalan lewatnya data ) yang terpasang dalam motherboard, kemudian kita bentuk horisontal saluran tersebut dan kita beri inputan sehingga terjadi beberapa jenis transfer data dan juga termasuk dalam transfer data yang dikembangkan oleh INTEL, yaitu :

         •    Teknologi SDR ( Single Data Rate ) / single pump, ialah teknologi dari pentransferan data pada komputer dengan cara membawa 1 data setiap kali transfer. Teknologi SDR ini bisa diibaratkan seperti gambar berikut. Teknologi ini dikembangkan pada komputer generasi Pentium, Pentium II, dan Pentium III.



          •    Teknologi DDR ( Double Data Rate ) / double pump, ialah teknologi dari pentransferan data pada komputer dengan cara membawa 2 data sekaligus setiap kali transfer. Data tersebut ditransfer pada kondisi saat data berada diatas gelombang ( peak ) dan kondisi data berada dibawah gelombang ( fall ). Sehingga pada pentransferan data akan lebih cepat dibanding teknologi sebelumnya yaitu SDR. Teknologi DDR ini bisa diibaratkan seperti gambar berikut

          •    Teknologi QDR ( Quard Data Rate ) / Quard pump, ialah teknologi dari pentransferan data pada komputer dengan cara membawa 4 data sekaligus setiap kali transfer. Data tersebut tidak hanya ditransfer pada kondisi saat data berada diatas gelombang ( peak ) dan kondisi data berada dibawah gelombang ( fall ) tetapi juga pada saat data tersebut berada pada garis normalnya ( titik 0 ). Mengingat jumlah transfer data yang lebih banyak dari teknologi sebelumnya ( SDR dan DDR ) maka transfer data yang dilakukan akan lebih cepat dibanding teknologi sebelumnya. Teknologi QDR ini bisa diibaratkan seperti gambar berikut





1 comment:

Ekky S'Widodo said...

Bang pebrii..rakk :D