Wednesday 7 December 2011

Bus ( Jalur )

    1.     Pengertian

Mungkin sudah banyak yang mengetahui mengenai apa yang dimaksud dengan bus ini, kebanyakan orang mengibaratkan bus ini sebagai jalan biasa / jalan tol yang dipakai untuk kendaraan lewat untuk menempuh tujuan tertentu. Dalam hal ini jalan tol ini dapat diibaratkan dengan artian bus ini, sedangkan kendaraan yang lewat dapat diartikan dengan data yang melewati jalur tersebut. Pengibaratan diatas memang dapat dibenarkan karena arti dari bus sendiri seperti itu. Bus / jalur ialah jalan lewatnya data pada komputer. Dalam komputer banyak sekali sistem bus ( kumpulan bus ) yang diintegrasikan untuk mengolah data inputan kita. dari beberapa sistem bus yang ada, kita dapat mengelompokkannya menjadi beberapa jenis yaitu :
·        Data Bus, ialah jalur yang digunakan untuk lewatnya inputan berupa data
·        Control Bus, ialah jalur yang digunakan untuk lewatnya data berupa intruksi yang kita berikan
·        Address Bus, ialah jalur yang digunakan untuk pengalamatan Data Bus dan Control Bus dimana data tersebut disimpan sementara ( di RAM )

2.     Voltase dalam Bus
Transfer data dalam komputer dapat melaui bus yang ada pada sistem bus, namun transfer data ini dibedakan menjadi beberapa tegangan yang sudah disetting sedemikian rupa sehingga inputan yang kita berikan bisa dijalankan. Misalnya kita mengambil contoh 8 jalur yang ada pada motherboard komputer yang kita gunakan, perhatikan gambar berikut :

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan voltase yang kita diberikan akan menimbulkan karakter yang berbeda. Voltase tersebut dapat dilambangkan dengan angka biner ( angka 0 dan 1 ), atau orang biasa menyebutkan dengan kata bit ( binary digit ). Mungkin kita masih ingat bahwa 1 karakter sama dengan 1 Byte, sedangkan dari data diatas dapat disimpulkan bahwa 1 karakter terdiri dari 8 jalur yang diberi voltase berbeda-beda. Sehingga dapat kita samakan bahwa 1 Byte sama dengan 8 bit ( Binary Digit ).

3.     Alur Transfer Sistem Bus
Transfer data pada sistem bus dapat dinyatakan dari beberapa jenis bus yang sudah kita pelajari sebelumnya, misalkan kita mengetikkan sebuah intruksi penjumlahan seperti berikut :


Dari intruksi diatas dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis intruksi yang kita berikan yang melewati sistem bus, yaitu :
·        Pengetikkan angka 10 dan 2, data ini dapat dilewatkan pada data bus karena intruksi ini berupa data biasa
·        Pengetikkan tanda + dan =, data ini dapat dilewatkan pada control bus karena data ini berupa intruksi ( penjumlahan ) yang kemudian akan diolah


Pada intruksi diatas akan diolah oleh komputer melewati Address Bus untuk diletakkan pada RAM ( Random Access Memory ), ketigannya dapat diibaratkan seperti gambar berikut :

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa Address Bus berperan penting pada pengalamatan data inputan kita yang diletakkan pada RAM, dalam RAM data akan disimpan sementara untuk kemudian diproses, misalkan saja pengalamatan data diatas pada RAM seperti gambar berikut :

Dari gambar diatas kita dapat menyimpulkan bahwa data yang kita berikan dari Data Bus dan Control Bus akan dialamatkan secara acak oleh Address Bus sehingga data yang disimpan tidak selalu urut ( sifat dari RAM ), namun jika diminta kembali data diatas maka data yang disimpan tadi akan diambil tanpa keliru dengan yang lainnya melewati Address Bus. Jadi seandainya kita ingin menjumlahkan data diatas pada komputer akan mendapatkan hasil seperti berikut

No comments: